Sunday, December 22, 2019

NGAJI ILMU #2

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata: derajat ulama' lebih tinggi daripada derajatnya orang mu'min dengan selisih tujuh ratus derajat di mana jarak antar dua derajatnya itu berjarak perjalanan selama lima puluh tahun.

Disebutkan bahwasanya ilmu itu lebih utama dibandingkan amal dari lima aspek. Pertama, adanya ilmu tanpa amal itu bisa saja terjadi sedangkan amal tanpa ilmu itu sia-sia. Kedua, ilmu jika tanpa amal itu bermanfaat sedanhkan amal tanpa ilmu itu percuma. Ketiga, sebuah amal itu merupakan keniscayaan sedangkan ilmulah yang meneranginya. Keempat, ilmu itu maqamnya (pasti dimiliki) para nabi, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah, ulama' umatku itu seperti para nabinya Bani Israil. Kelima adalah ilmu itu sifatnya Allah sedangkan amal itu sifatnya makhluk, sudah pasti sifat Allah lebih utama daripada sifatnya makhluk.

Sayyidina Ali karramallahu wajhah meriwayatkan bahwa Nabi berkata, aku bertanya kepada malaikat Jibril tentang orang alim. Jibril menjawab, merekalah lentera umatmu di dunia dan akhirat. Berbahagialah orang yang mengenal mereka dan celaka bagi yang ingkar dan membenci mereka.

Rasulullah juga menyampaikan bahwa Allah menciptakan sebuah kota di bawah 'Arsy yang di pintunya bertuliskan "siapa yang berziarah kepada ulama', maka seakan-akan ia berziarah kepada para nabi". Sungguh, hanya ilmu yang Allah perintahkan kepada Rasulullah untuk selalu ditambah dengan Firman-Nya:

 وقل رب زدنى علما

Semoga kita senantiasa dekat dengan para ulama' dan mendapat tambahan keberkahan

No comments: